Maleoveva’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Bapak Yazid..

Posted by maleoveva on December 2, 2008

Suatu sore.. terduduk diatas kursi kecil, tubuhnya yang sedikit bungkuk dan raut raut wajahnya yang menunjukan waktu telah memakan usianya. jari-jari yang sudah berpengalaman dan terlihat telah menjadi kapalan permanen sedang  membetulkan mesin kendaraan skuter tua. kemudian dia mengangkat kepalanya lalu menatap untuk selanjutnya berusaha mengajak berbicara. suaranya yang terdengar lemah menanyakan berapa usiaku saat ini. selanjutnya beliau bercerita bahwa usaha bengkel motor telah dijalaninya lebih dari 30 tahun. ya memang, bengkel itu telah terlihat usang dan lama, kesan itu timbul dari gambar-gambar iklan sepeda motor tahun 80-an yang terpajang pada dinding bengkel tersebut.

berceritalah beliau bahwa pada tahun-tahun yang telah lampau di daerah sekitar tempat dia membuka usahanya sekaligus tempat ia tinggal, banyak sekali usaha sejenis yang menyebabkan persaingan usaha menjadi ketat, namun lama kelamaan akhirnya hanya tinggal bengkel yang dimiliki oleh beliau yang bertahan. “saya hanya berusaha untuk jujur, amanah dan tetap murah” itu kata beliau yang menceritakan bagaimana resep usahanya bisa bertahan. yang ia takutkan bahwa ketika ia menjadi tidak jujur, karena kebohongan adalah ibu dari segala kehancuran. apa yang kini ia peroleh selalu berusaha untuk disyukuri. kebahagiaan tak datang dari materi, namun datang dari ketentraman hati. dan ketentraman hati timbul dari rasa ikhlas dan syukur atas apa yang telah diperoleh setiap waktu.

tersintak, kagum, malu, dan semua perasaan campur aduk mendengar ucapannya. karena sesungguhnya kerendahan hatinya memberikan ilmu yang sangat berharga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: