Maleoveva’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Kaum Muda dan Politik 2009

Posted by maleoveva on November 18, 2008

Menghitung hari,
tidak sampai 1 tahun kedepan Indonesia, negara yang sudah merdeka selama 63 tahun ini akan menghadapi suatu perhelatan akbar yang digelar 5 tahun sekali, Pemilu. Ya, pemilu atau pemilihan umum suatu pesta perlambang demokratisasi ada di republik ini.
Jauh hari sebelum pemilu 2009 nanti digelar telah banyak partai-partai mempersiapkan diri untuk ikut berpartisipasi diajang paling bergengsi untuk membuktikan eksistensi politik dalam kancah perpolitikan di negara yang berbentuk demokrasi pancasila ini, sekalipun kemudian beberapa partai akhirnya tidak lolos mengikuti verivikasi kelayakan untuk ikut meramaikan pesta akbar demokrasi nanti. Salah satu hal menarik untuk disimak ialah mengenai regenerasi dari partai-partai lama ataupun wajah-wajah segar tampil bermunculan pada partai-partai baru.
Kaum muda, banyak bermunculan dalam pemilu 2009. Terjun langsung meramaikan kandidat pemilihan sebagai calon legislatif dengan segala semangat baru, idealisme, serta pemikiran dengan visi misi mencoba membawa perubahan di masa mendatang. semangat, idealisme serta pemikiran inilah yang dibutuhkan oleh bangsa yang sedang mencoba bangkit kembali dari keterjerembaban selama 10tahun terakhir. namun menjadi suatu pertanyaan ketika mampukah kaum muda saat ini untuk membawa suatu perubahan kearah yang lebih baik? cukupkah pengetahuan dan pengalaman mereka untuk mewakili ratusan juta suara manusia di indonesia?
Pembelajaran, merupakan suatu jawaban yang dirasa cukup tepat ketika para calon-calon legislatif muda itu mengikutkan dirinya untuk ikut dalam pemilihan umum nanti. namun apakah bangsa yang sudah jatuh ini sanggup menahan keterpurukan selagi menunggu mereka (kaum muda) itu untuk belajar? menjadi serba salah memang.
namun ada hal positif lain yang dapat dilakukan :
1. arus informasi terkini yang lebih mudah didapatkan oleh kaum muda, memudahkan mereka mengetahui bagaimana permasalahan, isu yang beredar, serta mendapatkan cara untuk menyelelesaikan permasalahan yang ada.
2. semangat dan idealisme yang lebih besar dimiliki oleh kaum muda memungkinkan terjadinya suatu perubahan lebih awal.
3.cara berpikir yang lebih global, dapat menemukan segala cara yang baik untuk menyelesaikan permasalahanyang ada.
4.penganggungan beban ekonomi yang relatif lebih rendah dibandingkan yang sudah tua.
5.dalam masa usia yang lebih mudah untuk melakukan pendidikan, sehingga belajar untuk menghasilkan suatu yang jauh lebih baik dapat diterapkan.
oleh karena itu bangkitnya kaum muda, dan ikutnya dalam pemilu untuk masa periode 2009-2014 nanti merupakan daya tarik tersendiri. kaum muda harus bisa ikut membantu bersama-sama menyelesaikan satu-satu permasalahan bangsa, dari masalah hukum, ekonomi, sosial dll.

semoga dengan terlibatnya generasi muda ini dapat membawa angin segar perubahan bagi republik yang kita cintai ini.

BANGKIT PEMUDA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: